Skip to main content

Cara Tuhan Menenangkanku

Hey hey hey 😆

Hari ini aku mau sharing tentang cara ajaib Tuhan menenangkanku. Ini sungguh-sungguh terjadi. Aku aja masih amazed. Begitu banyak cara Tuhan untuk berkomunikasi sama kita, melalui beragam cara. Bahkan aku percaya demi menjadi alatNya untuk menebar kesaksian tentang betapa Tuhan sungguh baik, Tuhan mengizinkanku mengalami setiap peristiwa dan juga menolong dengan cara yang ajaib. Tuhan pakai aku untuk memberitakan kesaksian di hidupku. Aku tau Tuhan menaruh kerinduan ini di hatiku untuk selalu menyampaikan tentangNya melalui hobby menulisku. Jujur, awal nya aku kesulitan untuk menulis di blog dengan thema yang aku pilih ini karena aku mau tulisanku murni karyaku. Mungkin yang mengalami langsung bukan aku saja melainkan orang-orang terdekatku yang penting hasil tulisanku selalu murni tulisanku sendiri. Tuhan selalu tau aku memang kesulitan cari topik untuk keperluan menulisku banyak sih sebenar nya dan semua berujung di draft yang belum aku selesaikan wkwkwk tapi Tuhan lebih dari mampu membuatku mendapatkan topik-topik lain dengan begitu mudah. Salah satu nya yang baru aku alami pagi tadi.

Kemarin aku mendapatkan kesempatan yang menurutku luar biasa belum bisa aku share sekarang, nanti yah begitu sudah waktu nya akan aku share di sini. Sesudah nya, aku yang tadi nya optimis mendadak menjadi khawatir akan hal tersebut. Malam menjelang, aku sudah doa bahwa aku khawatir dan aku menyerahkan semua ke dalam tangan Tuhan. Singkat cerita aku terbangun dari tidurku dan jam menunjukkan pk 03.20, aku langsung berdoa, dalam doa tersebut aku masih menyatakan bahwa aku khawatir, aku mau Tuhan menenangkanku dari kekhawatiran yang tidak beralasan ini. Aku mau Tuhan mengingatkanku untuk ikhlas hati dan ingat bahwa Tuhan yang beri Tuhan yang ambil. Aku tergerak ambil hp ku dan membuka aplikasi yang biasa aku baca tiap hari (re: Our Daily Bread atau versi Indonesia nya WarungSaTeKaMu) dan....... topik nya sesuai dengan apa yang aku rasakan, aku merasa seolah ini cara Tuhan berbicara denganku, Dia menggunakan media yang aku pakai sehari-hari untuk menenangkanku dari kekhawatiran yang cukup mengganggu pikiranku.
Cast all your anxiety on him because he cares for you. —1 Peter 5:7
Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. —1 Petrus 5:7
Aku tau Tuhan mau aku tenang agar aku bisa istirahat daripada menerka-nerka. Aku imani, Tuhan yang beri Tuhan yang ambil namun jika ini adalah milikku maka Tuhan akan beri sampai nanti jika Tuhan mau ambil kembali. Aku terbangun lagi pk 05.00 aku langsung ambil hp dan buka aplikasi radio, pasang headset sambil kembali tertidur karena seingatku setiap hari nya di jam pagi ada rekaman ulang khotbah secara random. Aku tiba-tiba terbangun saat dengar khotbah nya, tau kenapa ? Isi khotbah nya juga semakin meneguhkan suara Tuhan untukku.
Do not be anxious about anything, but in every situation, by prayer and petition, with thanksgiving, present your requests to God. — Philippians 4:6
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. — Filipi 4:6
Whoaaa, Tuhan berbicara sangat nyata. Tuhan menenangkanku agar aku tidak larut dalam kekhawatiranku tetapi Tuhan mau aku menyerahkan semua kekhawatiranku kepadaNya. Dia mau aku berdoa saja menyatakan apa keinginanku dalam doa dan mengucap syukur. Aku terharu, Tuhan baik sekali. Dia peduli dengan apa yang aku alami, Dia menenangkanku dengan segera supaya aku tidak tenggelam bersama kekhawatiranku. 

Seperti ilustrasi kisahku, saat kita terlalu fokus dengan kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi dan kita hanya memfokuskan diri pada masalah, sebenar nya kita melupakan satu hal. Kita punya Tuhan yang dahsyat dan ajaib. Kita melupakan bagaimana Tuhan memelihara kehidupan kita selama ini. Kita jadi fokus pada masalah-perkara-peristiwa yang kita alami, waktu kita jadi terbuang karena kita salah fokus. Yah seperti itulah, aku yang salah fokus ini diingatkan Tuhan untuk tetap fokus padaNya, untuk menyerahkan semua kekhawatiranku kepadaNya, untuk berhenti menerka-nerka. Tuhan mau aku tidak perlu khawatir atas masalah-perkara-peristiwa yang sedang terjadi. Aku harus mengimani bahwa Tuhan yang pegang kendali atas semua yang terjadi. Oleh karena itu, biarlah Tuhan bekerja dengan caraNya.

Berikut aku share satu lagu yang bisa mengingatkan kita bahwa memang Tuhan satu-satunya yang punya kendali atas hidup kita.

God Is In Control
by : Twila Paris

This is no time for fear
This is a time for faith and determination
Don't lose the vision here
Carried away by the motion
Hold on to all that you hide in your heart
There is one thing that has always been true
It holds the world together

God is in control
We believe that His children will not be forsaken
God is in control
We will choose to remember and never be shaken
There is no power above or beside Him, we know, oh
God is in control, oh God is in control

History marches on
There is a bottom line drawn across the ages
Culture can make its plan
Oh, but the line never changes
No matter how the deception may fly
There is one thing that has always been true
It will be true forever

God is in control
We believe that His children will not be forsaken
God is in control
We will choose to remember and never be shaken
There is no power above or beside Him, we know, o
God is in control, oh God is in control

He has never let you down
Why start to worry now?
Why start to worry now?
He is still the Lord of all we see
And He is still the loving Father
Watching over you and me
Watching over you, watching over me
Watching over everything
Watching over you, watching over me,
Every little sparrow, every little king, oh
Every little king, oh

God is in control
We believe that His children will not be forsaken
God is in control
We will choose to remember and never be shaken
There is no power above or beside Him, we know, oh
God is in control, oh
God is in control, oh
God is in control, oh
God is in control

Jangan pernah melupakan betapa luar biasa nya Tuhan kita meskipun kita merasa apa yang kita khawatirkan itu perkara besar. Tuhan kita lebih besar dari masalah kita. Tuhan lebih dari mampu mengatasi nya untuk kita. Percayalah, Tuhan punya kendali atas apa yang terjadi dalam hidup ini. Pandanglah Tuhan lebih dari kita memandang sebuah perkara. Itulah pesan yang Tuhan sampaikan kepadaku melalui media-media tersebut. Lebih pekalah pada sekitarmu, maka kamu akan mendengar suara Tuhan berbicara padamu. Keep calm down, God is in control 😊😇

Comments

Popular Posts

Bagi Tuhan tak ada yang mustahil ❤

Hey hey :)  Tonight, I want to tell you about one song that He use to remind me. Whoaaaa lagi-lagi Dia menggunakan lagu ini untuk menguatkanku. Thank you, Jesus ❤ So, ini lagu yang liriknya super istimewa hihihi. Bagi Tuhan tak ada yang mustahil (by Sari Simorangkir ) ku yakin saat Kau berfirman ku menang saat Kau bertindak hidupku hanya ditentukan oleh perkataanMu ku aman karna Kau menjaga ku kuat karna Kau menopang hidupku hanya ditentukan oleh kuasaMu Reff : bagi Tuhan tak ada yang mustahil bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin mujizatNya disediakan bagiku ku diangkat dan dipulihkanNya ku yakin saat Kau berfirman ku menang saat Kau bertindak hidupku hanya ditentukan oleh perkataanMu ku aman karna Kau menjaga ku kuat karna Kau menopang hidupku hanya ditentukan oleh kuasaMu Back to Reff Entah udah berapa kali, aku rapuh, lelah dan rasanya ingin menyerah namun Jesus selalu menguatkan aku. Yup! Dia selalu mengingatkan aku bahwa aku ga bisa

Goodbye February

Waktu berlalu dengan cepat Seperti pasir yang kita genggam dengan erat Sekarang sudah masa transisi menuju Maret Terima kasih Februari Sudah memberi insipirasi Membuat diri ini kembali berani Membuat diri ini menyadari Kerinduan yang Tuhan beri perlu direalisasi Jalannya mungkin tidak mudah dan penuh liku Tapi aku ga boleh khawatir dan ragu Sebab aku tahu Tuhan senantiasa besertaku Tuhan akan memberi kekuatan untukku Tuhan akan membuka jalan untukku Sampai jumpa Februari Selamat datang musim transformasi Semoga akan banyak kisah yang menyenangkan hati