Skip to main content

Hidup Kudus :)

Hello ! super long time no see. tonight, i feel like i have to share about something which is so important to you all people out there *banyak gaya* hahahaha.

hmmmm, tadi *barusan tepatnya* aku googling tentang renungan harian kristen dan i got this message tentang betapa pentingnya kita menjaga arti sebuah "kepercayaan", betapa sangat berharganya arti kepercayaan yang diberikan orang lain kepada kita dan masalahnya adalah betapa sulit kita mempercayai orang sekarang ini. bahkan ibaratnya, jauh lebih susah mencari orang yang bisa dipercaya daripada mencari orang yang tidak bisa dipercaya. mencari orang yang bisa dipercaya sama sulitnya dengan menjaga kepercayaan itu sendiri.

I think, kepercayaan itu sama dengan kekudusan, sesuatu yang sangat sakral. kepercayaan menjadi layaknya barang langka. oleh karena itu, kehadirannya sangat berharga.

kepercayaan = kekudusan. what the mean ? 

Jika berbicara tentang kekudusan, tentu yang terlintas dipikiran kita adalah "Tuhan" karena seperti yang telah kita ketahui (kita pahami dan kita imani) Tuhan itu Kudus dan Kudus itu adalah Tuhan sendiri. Hal tersebut menyiratkan bahwa hidup kudus sangat berkaitan erat dengan "kepercayaan" either kita di pihak yang memberikan kepercayaan atau kita berada di pihak yang menjaga kepercayaan. mau di pihak manapun kita berada, tentu itu bukanlah perkara mudah karena hal tersebut sangat berkaitan dengan "kekudusan kita sebagai anak Tuhan". Dapat dikatakan bahwa menjaga kepercayaan sama artinya menjaga kekudusan.

Jika kita berada di pihak yang memberikan kepercayaan, dimana letak keterkaitan perkara kita dalam menjaga kekudusan ?

letak keterkaitannya adalah respon kita "setelah kepercayaan kita berikan". dari sana kita dapat mengetahui, apakah orang yang telah kita percayai mampu menjaga kekudusannya atau tidak. sebagai manusia normal pada umumnya, tentu kita secara manusiawi akan merasa sangat kecewa ketika kita dikhianati, ditipu, dibohongi oleh orang telah kita percayai, oleh orang yang kita berikan kepercayaan. Di saat-saat seperti itulah iman kita diuji. apakah kita cukup kudus untuk merespon hal tersebut. apakah kita menjadi marah kepada orang tersebut ? apakah hati kita terlalu sakit dan tidak mau memaafkannya ? apakah kita terlalu kecewa untuk mengampuni mereka ? apakah kita menjadi tawar hati menghadapi mereka ? hey hey hey! jika kita merespon "kepercayaan yang dirusak sia-sia" dengan sikap-sikap seperti sikap di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kita belum bisa menjaga kekudusan.

Dan berikut adalah renungan harian kristen yang saya baca hari ini. ada seorang yang sudah diberikan kepercayaan namun tergoda untuk melakukan tindakan di luar dari kekudusan.  

Source of http://www.renunganhariankristen.net/orang-kepercayaan/
Dari renungan tersebut ada hal yang dapat kita pelajari bahwa:
  1. kepercayaan itu sesuatu yang berharga.
  2. menjaga kepercayaan sama hal nya dengan menjaga hidup kudus.
  3. hidup kudus bukan semata-mata karena dilihat orang melainkan karena kita menyadari bahwa kita harus melakukan nya karena Tuhan.
  4. melakukan kekudusan untuk Tuhan bukan untuk pujian

Tentu sebagai manusia biasa kita mempunyai limit. kita pasti akan merasa sulit memaafkan orang lain, sulit menghilangkan kepahitan dari rasa kecewa, sulit melupakan perbuatan mereka yang telah mengecewakan kita, tidak dengan mudah kita bisa bersikap seolah tidak terjadi apa-apa namun percayalah in Jesus, nothing is impossible. Yup! sebagai manusia biasa kita tidak akan mampu mewujudkan kekudusan jika kita hanya mengandalkan kekuatan kita bukan Tuhan yang turun tangan menolong kita. maka berdoalah, minta Tuhan mengubah hatimu agar mampu memiliki hati seperti Tuhan, mampu mengasihi dengan sepenuh hati, mampu mengampuni dengan ketulusan hati, melayani dengan kesungguhan hati, melakukan yang terbaik untuk Tuhan bukan semata untuk menarik perhatian. Amen for the prayer. Jesus willl always give the best for us :)

Comments

Popular Posts

Bagi Tuhan tak ada yang mustahil ❤

Hey hey :)  Tonight, I want to tell you about one song that He use to remind me. Whoaaaa lagi-lagi Dia menggunakan lagu ini untuk menguatkanku. Thank you, Jesus ❤ So, ini lagu yang liriknya super istimewa hihihi. Bagi Tuhan tak ada yang mustahil (by Sari Simorangkir ) ku yakin saat Kau berfirman ku menang saat Kau bertindak hidupku hanya ditentukan oleh perkataanMu ku aman karna Kau menjaga ku kuat karna Kau menopang hidupku hanya ditentukan oleh kuasaMu Reff : bagi Tuhan tak ada yang mustahil bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin mujizatNya disediakan bagiku ku diangkat dan dipulihkanNya ku yakin saat Kau berfirman ku menang saat Kau bertindak hidupku hanya ditentukan oleh perkataanMu ku aman karna Kau menjaga ku kuat karna Kau menopang hidupku hanya ditentukan oleh kuasaMu Back to Reff Entah udah berapa kali, aku rapuh, lelah dan rasanya ingin menyerah namun Jesus selalu menguatkan aku. Yup! Dia selalu mengingatkan aku bahwa aku ga bisa

Goodbye February

Waktu berlalu dengan cepat Seperti pasir yang kita genggam dengan erat Sekarang sudah masa transisi menuju Maret Terima kasih Februari Sudah memberi insipirasi Membuat diri ini kembali berani Membuat diri ini menyadari Kerinduan yang Tuhan beri perlu direalisasi Jalannya mungkin tidak mudah dan penuh liku Tapi aku ga boleh khawatir dan ragu Sebab aku tahu Tuhan senantiasa besertaku Tuhan akan memberi kekuatan untukku Tuhan akan membuka jalan untukku Sampai jumpa Februari Selamat datang musim transformasi Semoga akan banyak kisah yang menyenangkan hati